Hujan Solusi

11 12 2008

Solusi bila hujan datang bukan hanya mengembangkan payung agar terhindar kebasahan. Namun lebih dari itu, hujan yang datang, yang terkadang menjadi masalah banjir, harus bisa dimanfaatkan. Caranya…(ini hanya angan-anagan belaka dan bisa jadi hanya mimpi). Bila ada pot yang sering ditanami bunga dan tetumbuhan, maka alih fungsikanlah (sebenarnya bukan alih fungsi, namun menambah fungsi) menjadi media untuk menanam “hujan”. Supaya apa? Air hujan tertampung dan bisa mengurangi genangan di tanah. Keuntungannya, dapat meminimalkan banjir atau genangan dan dapat menjadi tampungan untuk menyiram bunga, pembersihan, dan malah bisa untuk air mandi.

Kedua, di daerah perkantoran, yang bisanya ditumbuhi oleh “beton” di halamannya, disalin dengan rerumputan atau tetumbuhan yang akarnya tunggang, sehingga banayak air yang bisa masuk ke tanah. Nah, lalu di dalam tanah, dibuat instalasi jaringan yang dapat mengirim air ke dalam kolam penampungan. Kolam penampungan ini (folder) dapat berguna untuk apa saja, asal kegunaan yang membutuhkan air.

Ketiga, di rumah kita, di atap ada talang untuk menampung air hujan, dan media ini menuju ke dalam tanah yang telah kita buat sumur, boleh juga sumur resapan. Sehingga air bisa tersimpan di dalam sumur itu.

Keempat, bisa nggak ya, tak membangun di daerah rawa, karena rawa itu kan daerah yang bagus untuk menyimpan air. Kalau dibebani dengan “tumbuhan” beton, air dan tanahnya akan terkonsolidasi, dan air nya akan lari keluar sehingga dia tak akan menerima datangnya air lagi.

Once more, Ini hanya angan-angan, hanya mimpi saja, jangan tanya cara implementasinya. What suppose to do by us is conserve the water

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: